Tips, Trik dan Resep Pempek

Kemarin bikin pempek ikan Tenggiri alhamdulillah sukses..menurut yang makan sih rasanya ngga jauh beda sama pempek asli Palembang hehe..jadi inget dulu waktu bikin pempek sama Bi Herti,  dan adik-ku sering banget GaTot (Gagal Total) karena belum tahu ilmu dan rahasianya, but sekarang Alhamdulillah sudah tahu..sekedar share aja sama temen-temen, kalo mau bikin pempek ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar pempeknya ga gagal,at least mirip-miriplah sama pempek aslinya :
1. Pilih ikan yang warnanya putih, seperti tenggiri atau gabus,
2. Sebaiknya pakai tepung sagu jangan tapioka (lebih bagus pake sagu tani tp agak susah belinya)
3. Perbandingan sagu dan ikan sebaiknya 1:1 ( ex : Klo sagu 1/2 kg maka ikannya juga 1/2 kg)
4. Sebaiknya ikan digiling/diblender sampe halus (supaya tekstur pempeknya putih dan bagus, sebelum ikan digiling kulit, tulang dan urat ikannya dibersihkan dulu sampai bersih dan yang tersisa hanya dagingnya )
5. Jangan pake tepung terigu terlalu banyak (cukup 2 sdm aja)
6. Uleni adonan agak lama agar kekenyalan pempeknya bagus
7. Pake putih telur 1-2 buah
8. Gunakan air es untuk campuran adonan
9. Saat merebus pempek yg udh dicetak, tambahkan minyak goreng ke dalam air rebusan agar pempek ga lengket
10. setelah direbus sebaiknya pempek dikukus lagi sebentar sebelum digoreng.

*dari berbagai sumber hasil googling

Cara membuatnya :
– campurkan ikan giling dengan putih telur aduk2, beri garam dan air es sedikit. diamkan sebentar
– masukkan sagu sedikit demi sedikit uleni hingga rata lalu masukkan terigu, aduk lagi sampai rata sampai bisa dibentuk
– siapkan air rebusan beri sedikit minyak goreng pd air.
– masukkan pempek yg sdh dicetak,biarkan hingga mengapung, angkat tiriskan, lalu kukus sebentar baru goreng.
– adonan pempek mungkin akan sedikit lengket di tangan karena lemak dari ikan, jd saya sarankan olesi tangan anda dg minyak goreng saat mencetaknya.

** Selamat Mencoba**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s