BIKIN MIE SEHAT YUUK..

Alhamdulillaah, meskipun ngga punya alat penggiling mie bisa juga bikin mie sendiri..yang penting buatan sendiri lebih sehat dan aman, apalagi kalau si kecil mulai suka mie..ibunya jadi ga khawatir sekarang. *My first experimen*

RESEP MIE SEHAT
=============

BAHAN:
– Tepung terigu 200 gram (saya pakai segitiga biru)
– Air 75 ml
– Tepung kanji 25 gram (saya pakai yang kiloan, yang dijual di warung itu loh)
– Garam 1 sendok teh
– Telur ayam 2 butir, kocok lepas
– Minyak goreng 3 sendok makan
– Tepung maizena 3 sendok makan

CARA MEMBUAT:
1. Campur telur ke dalam tepung terigu dan tepung kanji sambil diuleni,beri air sedikit demi sedikit. Masukkan minyak goreng & garam sambil terus diuleni hingga tercampur rata dan kalis.
2. Bagi yang tidak punya alat penggiling mie bisa dg cara berikut :
========================================
– Sediakan plastik bening segi empat yang agak lebar, lalu oles permukaan dalamnya dengan minyak goreng,
– masukkan adonan dalam plastik, tutup dengan bagian atas plastik lalu gilas dengan botol kaca atau alat penggilas apa saja berbentuk bulat, sampai adonan pipih sesuai dg ketebalan yg diinginkan (saran saya lebih tipis lebih baik agar mie tidak keras, karena saat direbus mie akan mengembang)
– simpan adonan yang telah digilas di atas talenan kayu, lalu potong2 memanjang dengan pisau.
– kemudian masukkan hasil potongan ke dalam tepung maizena agar tak menempel satu dengan yang lainnya.
3. Rebus mie hingga terapung, angkat lalu perciki dengan minyak goreng, aduk lalu dinginkan.
4. Mie siap diolah

*Bagi yang punya alat penggiling mie, bisa dengan cara berikut :
====================================
– Giling mie dengan ukuran 1 hingga halus, pindah ke ukuran 2 hingga halus dan seterusnya hingga ukuran 4.
– Masukkan ke dalam pemotong, pilih yang ukuran kecil. Taburi dengan tepung maizena.
– Rebus mie hingga terapung, angkat lalu perciki dengan minyak goreng, aduk lalu dinginkan.
– Mie siap diolah.

*Jika ingin ditambahkan sayuran seperti, bayam, brokoli atau lainnya, tinggal menghaluskan sayuran dengan cara diblender bersama telur dan air, lalu campurkan dalam tepung terigu, tepung kanji, minyak goreng dan garam kemudian uleni hingga rata dan kalis. Selanjutnya lakukan langkah seperti di atas.

— Selamat mencoba —

2 thoughts on “BIKIN MIE SEHAT YUUK..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s